Seminar Buka Toko Online Langsung Laris


Sabtu, 13 Juni 2015
Seminar gratis yang diadakan oleh BNI Syariah dan sponsori oleh Yuk Bisnis dan Universitas Bina Darma sebagai penyedia tempat. Sungguh luar biasa seminar ini, begitu menarik dan begitu banyak ilmu yang saya dapatkan dari mengikuti seminar ini, terlebih-lebih ketika materi terakhir yang di sampaikan oleh Mas J (Sapaan akrab Jaya Setiyabudi) itu sendiri.

Seminar yang saya ikuti kali ini bertemakan tentang "Buka Toko Online Langsung Laris" yang isi materinya tentang bagaimana membangun usaha dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi masa kini yaitu melalui media online (dunia maya/internet).


Pembicara:
Jaya Setiabudi; praktisi pengusaha dengan jam terbang lebih dari 16 tahun. Penulis buku mega best seller:
  • The Power of Kepepet
  • Kitab AntiBangkrut
  • Buka Langsung Laris,
Laksita Pradnya; pengusaha pemilik @Voriasocks.

PROFIL Jaya Setiabudi (Mas J)
  • Praktisi pengusaha dengan jam terbang lebih dari 15 tahun. Juga mentor bisnis yang telah terbukti melahirkan pengusaha-pengusaha sukses di bidangnya. 
  • Penulis Mega Best Seller “The Power of Kepepet” (15x cetak dan masih terus dicetak ulang) dan “Kitab AntiBangkrut” (20 ribu eksemplar). 
  • Pendiri Entrepreneur Camp (2006), dengan alumni lebih dari 3000 orang se-Indonesia.
  • Pendiri Young Entrepreneur Academy (2007) Bandung, dengan rekor lebih dari 90% lulusannya adalah pengusaha. 
  • Ciri khas seminar Mas J adalah berisi ‘daging’ praktis (bukan motivasi), yang akan membuat Anda sukar tidur setelah mengikutinya.
Pembicara pertama yaitu disampaikan oleh Laksita Pradnya darah keturunan Sunda - Bandung, yang umurnya saat ini 20 tahun dan lulusan SMA (Sekolah Menengah Atas), dan kalian tahu berapa omzet yang dia dapat saat ini? 200 juta/bulan. Luara biasa bukan? Di umur beliau yang masih belia bisa dikatakan demikian, tapi penghasilannya sudah melebihi pekerja kantoran yang notaben lulusan sarjana. Terus produk apa yang dijual? Kaos kaki, kalian tahu kaos kaki yang biasa selalu kalian pakai disaat menggunakan sepatu? yaa itulah bisnisnya, memang terdengar mustahil dan sedikit mengada-ngada, tapi itulah adanya dan memang itu yang terjadi.

Laksita mengajarkan untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana penunjang bisnis, seperti Instagram yang saat ini Voria (nama brand) memiliki 3 akun yang berbeda fungsi.
  1. Official Akun
  2. Testimoni Akun
  3. Catalog Akun
Jangan mencampur adukan satu akun untuk semua fungsi, karena nantinya akan terlihat tidak profesional dan akan membuat bingung para costemer. Laksita sendiri lebih menitik beratkan untuk menggunakan jasa para bencong (sebutan untuk pihak ketiga/karyawan) yang pintar di bidang Photografer, Desain Grafis dan Akuntan.

Pembicara yang ke-dua yaitu mba Sarah Beekmans. Orang ini tidak kalah luar biasanya dibandingkan Mas J dan Laksita, karena omzet dia saat ini cukup besar yaitu 400jt/4 hari melalui pameran. Bisa dibayangkan betapa sungguh luar biasanya mereka, hanya dalam hitungan hari mereka bisa meraup keuntungan yang begitu menggiurkan.

Tapi ingat, tidak ada perjuangan yang dilalui dengan mudah. Jangan hanya melihat ketika mereka sudah sukses seperti saat ini, kita harus melihat cerita mereka sebelum mereka meraih posisi saat ini yang harus bangkrut berapa kali dan harus menerima kekalahan sementara waktu sampai mereka bangkit kembali.

Mba Sarah mengajarkan untuk lebih memperhatikan "Network", lingkungan akan sangat berpengaruh sekali terhadap kesuksesanmu dimasa depan. Jika produk kita ingin cepat laku maka dekatilah orang yang berpengaruh dibidangnya kemudian upayakan dia menggunakan produk kita, maka bawahannya, teman-temannya akan mengikuti.

Fokus satu produk dan jangan berhenti sampai anda mengupgrade ke level yang tinggi, dan jangan lupa totalitas ke costemer sangat dibutuhkan.

Moto hidup mba Sarah "Tidak pernah ada kata tapi atau nanti."

Tanggal lahir orang berpengaruh sangat penting untuk dicatat dan ketika waktu ulang tahunnya tiba jangan lupa untuk memberikan ucapan, bila perlu kirim sebuah kue sebagai tanda ucapan selamat ulang tahun, maka dengan cara demikian anda telah membangun network yang positif dan lebih baik sehingga kedepannya anda akan mendapatkan dampak yang positif pula.

Semboyan kata cinta orang Indonesia saat ini kurang lebih seperti ini "Cinta datang bukan datang dari mata turun ke hati, melainkan cinta datang dari perut naik ke hati," artinya apa? asal perut kenyang mereka akan ingat dengan kita.

Pembicara yang ke-tiga, pembicara yang kita tunggu-tunggu karena ini inti dari acara hari ini, walau acara dimulai dari jam 9.30 - 15.45 para peserta sangat antusias sekali mengikuti acara ini dengan penuh semangat, bahkan saya yang tidak sempat untuk sarapan dan makan siang ketika mas J mulai berbicara, rasa lapar saya hilang seketika (sebelumnya saya makan pempek 3 biji hehe).

7 Formula Buka Toko Online Langsung Laris
  • Produk Penetrasi; memilih produk atau merek untuk merebut pasar dengan cepat. 
  • Nama Teroptimasi; memilih nama toko agar teroptimasi di Google.
  • Penawaran Seksi; membuat calon pelanggan melirik untuk membeli produk Anda.
  • Mancing di Tambak; mencari tempat berkumpulnya ikan yang tepat.
  • Saluran D=P; mempromosikan dan menjual produk dengan biaya orang lain.
  • Sundulan Trafik; membuat bola salju bergulir terus-menerus. 
  • Terserah Anda; membebaskan diri dari jebakan komoditas.
1. Produk Penetrasi
Produl atau merek yang banyak dicari tapi minim kempetitor.
Gunakan http://ubersuggest.org/ untuk mengecek trend masakini atau keyword planner.

2. Nama Teroptimasi
Gunakan kata kunci sebisa mungkin untuk nama web, blog, sosmed, judul, deskripsi, image, dll.

3. Penawaran Seksi
Beberapa kata yang sempat saya catat "Beli 1 gratis Aku","Single Premium tanpa Green Tea."

4. Mancing di Tambak
Tempat berkumpulnya target anda. Harus spesifik tentang target yang intinya berfikir kritis. Tidak perlu mengumpulkan follower, cukup add friends orang yang komen ingin membeli pada akun penjualan suatu produk. Maka dengan cara demikian target anda singkat, jelas dan tepat sasaran.

5. Saluran D=P
Untuk poin yang satu ini tidak terlalu banyak yang saya catat, hanya "Distribusi=Promosi."

6. Sundulan Trafik
7. Jumper
Kita tidak musti harus pintar dalam semua bidang karena anda akan menjadi boss bukan karyawan. Gunakan kepintaran orang lain, dan jadikan mereka sebagai karyawan anda.

Profit - Omzet - Biaya >>> Utamakan Profit dan Omzet, masalah biaya belakangan.

Latihan: Coba luangkan waktu anda 3 jam/hari untuk fokus belajar ke bisnis anda.

Quotes:
- Musuh sukses terbesar hanya 2: Alasan dan Penundaan
- Pacaran tidak membuatmu dewasa, tapi membuatmu beradegan dewasa
- Jangan terbiasa menepuk dada sendiri, tapi biasakanlah untuk menepuk bahu karyawan

Cek informasi lainnya di:
  • Affiliate.yukbisnis.com
  • Hot.yukbisnis.com
  • Komunitas.yukbisnis.com
  • Store.yukbisnis.com
Sekian catatan saya mengenai seminar hari ini, semoga bermanfaat bagi yang tidak sempat ikut/menonton. #Salam Sukses
Saya & Mas Jaya Setiabudi
Bersama beberapa peserta seminar yang bertahan sampai acara selesai

Author:

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan menggunakan opsi Name/URL. Mohon jangan komentar SPAM..! Karena komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya
Terimakasih...!!!