Majlis Ta'lim Jumat 22 Januari 2016 - Aliran Sesat

Seperti biasa, saya melaksanakan sholat magrib dan Isya di masjid. Antara jeda setelah sholat magrib dan sholat isya ada pengajian majlis ta'lim yang pembahasannya waktu itu tentang aliran sesat. Topiknya sangat menarik, dan memang sekarang seperti yang kita lihat sedang ramai-ramainya diperbincangkan di media cetak, media televisi maupun media sosial.


Ustadz pengajian membahas sedikit mengenai GAFATAR (Gerakan Fajar Nusantara) yang oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia) dikatakan sebagai aliran sesat. mengapa dikatakan sesat? Ustadz mengatakan bahwa diantaranya mereka memiliki syahadat sendiri,"saya bersaksi bahwa tiada tuhan melainkan tuhan yang esa" syahadatnya hampir sama dengan syahadat Islam hanya saja mereka tidak mau menyebutkan bahwa tiada tuhan yang patut disembah melainkan Allah, kemudian mereka juga punya Fatwa Mesias yaitu fatwa tentang ketuhan Isya Almasih, dokrin yang lainnya mereka membuat aturan sendiri bahwa sholat tidak wajib, puasa tidak wajib, dan mereka menganut faham mengapa tidak wajib karena mereka faham bahwa kewajiban untuk sholat itu ada setelah Rasulullah SAW melakukan hijrah ke-2, jadi mereka menyimpulkan mereka masih di hijrah pertama mangkanya mereka tidak mewajibkan sholat bagi mereka.

MUI membuat suatu acuan apakah suatu aliran sesat atau tidak bisa di lihat dari 10 ciri ini, apabila ada yang menyalahi maka aliran tersebut dikatan sebagai aliran sesat, apa saja 10 ciri itu?
  1. Mengingkari salah satu dari rukun iman,
  2. Yakin atau tidak meyakini akidah dalam Al-Quran,
  3. Meyakini ada wahyu lagi setelah Rasulullah wafat.
  4. Mengingkari kebenaran Al-Quran,
  5. Melakukan penafsiran Al-Quran semaunya,
  6. Mengikari hadist nabi,
  7. Menghina, melecehkan para nabi atau rasull,
  8. Mengingkari nabi Muhammad SAW sebagai nabi atau rasull yang terakhir,
  9. Menambah atau mengurangi pokok-pokok ibadah,
  10. Kalau ada orang Islam yang mengkafirkan orang muslim.
Itulah 10 ciri yang salah satu menjadi sebagai panduan MUI untuk mengatakan apakah aliran tersebut sesat atau tidak.

Mari kita berbenah diri, mempelajari ilmu Allah lebih jauh lagi agar kita tidak termasuk orang-orang yang fasik dan tidak termasuk orang yang miskin akan pengetahuan tentang ajaran agam Islam padahal kita mengaku seorang muslim.

Author:

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan menggunakan opsi Name/URL. Mohon jangan komentar SPAM..! Karena komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya
Terimakasih...!!!