Seleksi Relawan Asian Games 2018

Pengumuman Untuk Tes (Dok: Panitia)
Berawal dari sebuah email masuk yang berisi informasi bahwa aku lulus seleksi administrasi dan di persilahkan untuk mengikuti Psycho test (FGD & Interview) di Universitas Katolik Musi Charitas - Palembang, Senin 14 Mei 2018 pukul 12.00 di gedung Joseph lantai 3. Dengan menggunakan jasa ojek online saya menuju lokasi ujian. Mengapa ojek online? Karena panitia tidak memperkenankan peserta membawa kendaraan pribadi, dihawatirkan tempat parkir yang tidak memadai untuk 3000 peserta.


Antri Registrasi Ulang (Dok: Pribadi)

Aku sampai dilokasi kurang lebih sekitar pukul 11.45 kemudian langsung menuju meja registrasi untuk melakukan registrasi ulang. Pada saat registrasi hal-hal yang perlu di persiapkan adalah KTP ASLI dan no AD (kita dapat melalui sms dari panitia). Selanjutnya tinggal menunggu untuk masuk ke ruangan yang telah di sediakan.

Sekitar pukul 12.30 soal psikotes dibagikan dengan soal dari lembaga Magna Penta Universitas Indonesia. Soal dibagi menjadi dua kategori, yaitu CFIT (Culture Fair Intelligence Test) dan EPPS (Edward Personal Preference Schedule). Jumlah soal CFIT 50 dibagi menjadi 4 (empat) sub tes dimana sub tes 1 ada 13 soal, sub tes 2 ada 14 soal, sub tes 3 ada 13 soal dan sub tes 4 ada 10 soal. Sedangkan jumlah soal EPPS 225.
Lembar Jawaban Tes (Dok: Pribadi)
Peserta yang mengikuti tes sesi tersebut kurang lebih sekitar 150 orang. Selesai mengerjakan soal psikotes kami dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengikuti tes selanjutnya, setiap kelompok terdiri dari 7 orang. Istirahat sekitar 15 menit, kemudian kelompok 1 - 5 dapat giliran yang pertama untuk tes selanjutnya yaitu interview. Sisanya menunggu di luar ruangan.
Suasana Sebelum Tes (Dok: Pribadi)
Ketika memasuki ruangan, kami dipersilahkan duduk menbentuk lingkaran di tempat yang sudah di sediakan panitia. Kemudian ada instruksi untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu, di utamakan menggunakan bahasa asing (jika mampu). Selesai semuanya memperkenalkan diri, kami disuruh membaca teks pada kertas yang telah di sediakan di atas meja berisi sebuah kasus isinya kurang lebih seperti ini:
Arini adalah seorang relawan Asian Games 2018. Tugasnya adalah mengantar para tamu undangan VVIP ke tempat yang telah di sediakan. Saat acara akan di mulai, datang tamu undangan yaitu Kepala Partai beserta istri dan anaknya. Kemudian Arini mempersilahkan mereka duduk di tempat yang telah di sediakan. Tapi masalahnya, undangan hanya untuk dua orang saja sedangkan Kepala Partai tersebut membawa anak dan anak mereka menduduki kursi untuk Duta Besar Korea Utara. Selang beberapa menit kemudian, Duta Besar Korea Utara beserta istri datang untuk menuju tempat VVIP. Sebagai relawan sekaligus petugas yang mengatur tempat duduk para tamu undangan, Arini bertanggung jawab penuh terhadap tugas yang telah diberikan kepadanya termasuk permasalahan yang kemungkinan terjadi di lapangan.Soal Pertama, jika kalian diposisi sebagai Arini, apa yang akan kalian lakukan? Silahkan susun urutan dari beberapa pilihan di bawah ini (ada beberapa pilihan). Soal Ke-dua, apa yang harus di ucapkan Arini kepada Duta Besar beserta istri.

Untuk menjawab dua soal tersebut, telah di sediakan kertas oleh panitia. Waktu untuk menjawab hanya 5 menit. Instruksi selanjutnya yaitu kita ber-tujuh diskusi mencari kesepakatan bersama apa yang harus dilakukan dan apa yang harus di ucapkan. Tidak boleh mem-voting keputusan melainkan sesuai kesepakatan hasil musyawarah bersama. Waktu yang diberikan hanya 15 menit.

Selesai tes pukul 3.30, jadi waktu yang di butuhkan untuk tes ini kurang lebih 3 jam. Selanjutnya tinggal menunggu pengumumam apakah aku lulus atau tidak. Jika lulus maka akan mengikuti acara selanjutnya yaitu Training 1(Sport Values & Asian Games Overview) dan Training 2(General Training).

Doakan ya semoga aku lulus sampai tahap akhir, karena jika lulus maka tulisan ini akan berlanjut. Jika tidak lulus artinya belum rejeki dan pengalaman yang bisa saya bagikan hanya sebatas ini :)

*NB
Berikut saya lampirkan file:

- Pengumuman LOLOS Seleksi Administrasi
- Hak dan Kewajiban Volunteer Asian Games 2018
File Pengumuman LOLOS (Dok: Panitia)
File Hak dan Kewajiban Volunteer (Dok: Panitia)

Author:

2 comments:

  1. Hey bro...
    Lagi berkunjung pagi ni...
    Lagi browsing blogpost tentang Asian Games, trs sampai kesini.
    :)
    Mantep artikelnya, ditunggu artikel selanjutnya ya bro.
    Main balik kesini ya bro...
    Hehehe...

    ReplyDelete
  2. BONUS FREECHIP HARIAN!

    CemePoker ialah agen Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan berbagai tidak sedikit game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sbg perwakilan judi poker bersama rating win tertinggi.
    Cemepoker menjamin 100% keamanan para membernya lagi pemain Poker saya dijamin 100% Player VS Player.
    jangan sampai cabar nantikan bunga menyentak setiap bulannya dan kompensasi referal sebaya hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo gabung sekarang hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan menggunakan opsi Name/URL. Mohon jangan komentar SPAM..! Karena komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya
Terimakasih...!!!