Serdos - Sertifikasi Dosen Sesi Satu Tahun 2018

serdos.ristekdikti.go.id

Apa itu Serdos?
Serdos (Sertifikasi Dosen) adalah sertifikat pendidik kepada dosen yang merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap kesejahteraan seorang dosen dan mendorong agar dosen meningkatkan profesionalisme nya terhadap profesi tersebut. Bagi seorang dosen yang sudah memiliki NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) punya kewajiban untuk ikut sertifikasi jika syarat sudah terpenuhi, diantaranya NIDN, dan jabatan akademik minimal Asisten Ahli.


Pada saat saya menulis teks ini, Rabu 04 April 2018 status Serdos saya "Menunggu Diproses PTPS" artinya baru selesai validasi tinggal perbanyak berdoa dan menunggu hasil. Selama proses pengerjaan serdos, hal yang membuat saya cukup sulit yaitu pada saat menulis Deskripsi Diri (DD). Berdasarkan informasi yang saya dapat, tingkat kegagalan cukup tinggi terdapat pada salahnya penulisan DD. Ada 24 poin yang harus dijawab secara jujur tanpa ada rekayasa.

Kunci dari mereka yang sudah lulus terlebih dahulu:
1. Jangan mengada-ada, tulis saja sesuai yang telah kita lakukan. Karena tidak ada manusia yang sempurna.
2. Tulis secara rinci, ulas sedetil mungkin, jangan menyia-nyiakan tempat yang telah disediakan.
3. Jangan ada dari 24 poin tersebut kurang dari 150 kata, upayakan di atas itu
4. Pada DD yang perlu kita tulis yaitu tentang diri kita, layaknya melamar pekerjaan, bagaimana caranya supaya orang bisa menerima kita bekerja pada mereka yaitu dengan cara memberitahukan semua kemampuan yang kita punya.
5. Perbanyak berdo'a

Tulisan ini sempat menjadi draf dalam blogku, hanya karena diriku sedang malas menulis dan menunggu pengumuman kelulusan serdos. Alhamdulillah berkat usaha dan doa, pada hari Sabtu 5 Mei 2018 saya dinyatakan lulus Sertifikasi Dosen.
Deskripsi Diri ku setelah selesai saya tulis tidak serta merta saya unggah ke laman serdos. Saya meminta bantuan kepada tiga orang dosen senior yang telah lulus serdos sebelumnya untuk memeriksa tulisan saya apakah sudah cukup atau ada yang perlu diperbaiki. Hasilnya coretan penuh dan revisipun dilakukan hingga tiga kali mengulang. Tapi usaha tidak akan menghianati hasil kok, percaya saja itu.

Mungkin tulisan DD ku belum sepenuhnya bagus, atau mungkin ada faktor keberuntungan disana. Hanya Allah yang Maha Tahu. Bagi teman-teman yang ingin melihat DD ku guna sebagai bahan referensi, berikut saya lampirkan alamat tempat men-downloadnya. DOWNLOAD DISINI.

Author:

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan menggunakan opsi Name/URL. Mohon jangan komentar SPAM..! Karena komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya
Terimakasih...!!!