Pramuka Dalam Kenangan


Terakhir menggunakan pakaian pramuka tahun 2009 dan sekarang 2017. Tak terasa sudah 8 tahun berlalu tapi seolah baru kemarin. Banyak cerita yang sampai detik ini masih terbayang jelas dibenakku ketika mengikuti pramuka. Terutama cerita horror Hiking Malam saat masih Penggalang.

Hari itu tidak seperti biasanya, karena saya dan teman-teman akan mengikuti Haking Malam di sekolah. Pada saat jam 01.00AM saya dibangunkan untuk apel malam sekaligus mulai berjalan dikegelapan malam. Karena satu dan lain hal, saya berjalan sendirian yang jarak perjalanan sekitar kurang lebih 1km, rute yang saya lewati tepat ditengah area pekuburuan tua.

Seperti anggota lain pada umumnya, saya berjalan santai diterangi cahaya rembulan kala itu. Sesekali terlihat pantulan cahaya lilin yang semakin mengecil dari kejauhan. Ketika sedang asik berjalan, saya bertemu dengan seorang kakek berjenggot panjang berwarna putih sampai menyentuh tanah, duduk di pohon kelapa yang telah ditebang sembari memegang tongkat. Dia tersenyum dan sayapun membalas senyumannya. Dalam benakku saat itu, dia hanyalah senior yang sedang berjaga. Tapi setelah beberapa langkah, saya menoleh kebelakang, ternyata sang kakek sudah tak ada lagi.

Bulu kudukku berdiri dan saya berlari sekencang kencangnya. Sampai di pos penjagaan, para senior kebingungan dan bertanya ada apakah gerangan? Saya berkata dengan terbata-bata,"siapa senior yang menjaga dipersimbangan kuburan tadi?" Tapi mereka berkata tidak ada yang berjaga dan meyakinkan bahwa tak ada satupun senior disana karena gelap. Bulu kudukku semakin berdiri.

Benar saja, ketika esoknya saya pulang melalui rute itu, saya tak menemukan pohon kelapa tempat sang kakek duduk semalam. Dalam hati ku bertanya, siapakah dia gerangan? Tanya sana tanya sini, ternyata sore hari sebelum kami Haking ada warga yang baru dimakamkan tempat rute kami lewat dan kuburannyapun masih basah belum kering.

#pramukaindonesia
#ceritanyata
#ceritapenggalang
#hikingmalam

Author:

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan menggunakan opsi Name/URL. Mohon jangan komentar SPAM..! Karena komentar dengan menyertakan LINK / ANCHOR TEXT atau promosi produk tertentu akan saya hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya
Terimakasih...!!!